Connect with us

Berita Utama

Pemkot Tomohon Pacu Dokumen Rancangan RPJMD 2021-2026

Published

on

TOMOHON, TUBERSMEDIA.com
Langka awal tahapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah(RPJMD) tahun 2021-2026  Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon telah diproses.

Menurut Walikota Tomohon Caroll J.A Senduk, SH, tahapan awal sudah dilaksanakan penyusunan  dokumen rancangan teknokratik RPJMD. Dokumen tersebut merupakan dokumen perencanaan lima tahunan yang disiapkan oleh pemerintah dengan sepenuhnya menggunakan pendekatan teknokratik sebelum terpilihnya kepala daerah dan wakil kepala daerah.

“Setiap perencanaan pembangunan harus dilakukan dengan menggunakan metode dan kerangka berpikir ilmiah, sehingga dapat tepat sasaran serta tujuan.  Selanjutnya, tahapan yang kita laksanakan saat ini yaitu forum konsultasi publik dimana merupakan momen yang sangat strategis bagi kita untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis serta untuk mendapatkan masukan dan saran guna menyempurnakan rancangan awal RPJMD Kota Tomohon ,” kata Senduk saat memberikan materi Konsultasi publik Kamis(25/3) di Aula Lantai III Mal Pelayanan Publik Tomohon.

Dijelaskan Senduk, kemajuan pembangunan di kota Tomohon ini merupakan hasil sinergitas yang baik, antara pemerintah, DPRD dan seluruh elemen masyarakat Tomohon.

“Situasi pandemi mengakibatkan banyak sektor terlebih ekonomi mengalami guncangan, untuk itu dalam tahapan penyusunan dokumen RPJMD ini tentu seluruh perangkat daerah harus turut berkontribusi memberikan evaluasi kinerja daerah berdasarkan data-data sesuai dengan tanggung jawab, tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah, serta memperhatikan juga berbagai keberhasilan dan penghargaan yang diterima Pemkot Tomohon di berbagai aspek baik di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertanian & perikanan, bidang perencanaan dan pelayanan publik,” urainya.

Walikota berharap dalam konsultasi publik ini para kepala perangkat daerah dan jajarannya dapat berperan secara optimal dalam mengawal program dan kegiatan strategis sebagaimana tertuang dalam visi dan misi dan RPJMD Kota Tomohon 2021-2026.

“Sehingga menghasilkan output dan outcomes kegiatan pembangunan yang lebih baik dan memberikan kontribusi terhadap pemenuhan indikator kinerja utama (IKU) dan indikator kinerja daerah (IKD),” harap Senduk.

Ditambahkan Walikota, pihaknya juga mengapresiasi positif dengan adanya forum ini, dimana melibatkan masyarakat dalam proses perencanaan daerah.

“Melalui momen ini juga merupakan  wahana bagi elemen masyarakat, stakeholder dan pemangku kepentingan lainnya untuk memberikan kontribusi yang efektif pada setiap kesempatan perencanaan yang partisipatif, sehingga kami harapkan kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk dapat mengkaji ulang dan mengevaluasi hasil-hasil proses perencanaan yang telah disusun oleh Pemkot Tomohon, dan penyusunan dokumen RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 tentunya harus mengacu pada visi Tomohono Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera,” tukasnya. (Manuel)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Utama

Ashley Rumajar Staf Khusus Walikota Tomohon Bidang Kepemudaan

Published

on

By

Ashley Rumajar saat dilantik sebagai Staf Khusus Walikota Tomohon

Tomohon, tubersmedia.com – Walikota Tomohon Caroll J.A Senduk, SH melantik 45 Orang yang menjadi Staf Khusus Pemerintahan Kota Tomohon, yang bertempat di Rumah Dinas Walikota, pada Selasa (19/10/21).

Salah satu Staf Khusus Walikota Bidang Kepemudaan yang baru dilantik Ashley Rumajar mengatakan, bahwa nantinya Ia bertekad akan membantu Pemerintahan Walikota Caroll Senduk dan Wakil Walikota Wenny Lumentut.

“Saya akan membantu program Pemerintah khususnya di bidang Kepemudaan,” ujar pentolan muda Ashley.

Sementara itu Ashley yang merupakan Alumni Lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pelita Harapan Jakarta dan juga anak dari mantan Walikota Tomohon Jefferson S.M Rumajar, SE berjanji akan memberikan manfaat yang baik bagi para pemuda di Tomohon, terutama peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Berikut Nama-nama Staf Khusus yang di lantik :

Continue Reading

Advetorial

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Kunjungi Kota Tomohon

Published

on

By

Tomohon – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia Bintang Puspayoga, mengunjungi Kota Tomohon, dan melaksanakan kegiatan di Danau Linou dan LPKA Kota Tomohon, serta mengikuti berbagai rangkaian kegiatan seperti Penyerahan Simbolis Bantuan Spesifik Anak Warga Binaan, Meninjau pelaksanaan Vaksinasi Anak di LPKA, Meninjau Pelatihan Pembuatan Minyak Kelapa oleh Anak Binaan LPKA
Dan Melihat L’Prado Batik yang merupakan Batik hasil kreatifitas Warga Binaan Perempuan yang berada didalam Lapas Perempuan Manado.

Menteri PPPA mengharapkan agar bantuan yang diserahkan ini kiranya dapat digunakan dengan sebaik-baiknya serta mengharapkan agar masyarakat juga dapat membantu mereka.

Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH pada kesempatan ini mengatakan, bahwa atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan selamat datang di Kota Tomohon, kepada Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Ibu Bintang Puspayoga bersama rombongan. Menjadi sebuah kebanggaan serta kehormatan bagi kami pemerintah dan seluruh masyarakat Kota Tomohon, atas kunjungan ibu Menteri beserta rombongan.

“Selamat menikmati keindahan dan pesona Kota Tomohon yang didukung oleh keramahan masyarakat serta kehidupan yang rukun dan damai yang terpelihara hingga saat ini,” ujar Walikota Senduk.

Senduk pula menyampaikan sekilas mengenai Kota Tomohon, serta Visi Kota Tomohon yaitu Tomohon Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera.

Walikota menejlaskan komitmen
Pemerintah Kota Tomohon untuk menunjang program Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan peningkatan anggaran dari tahun ke tahun sejak tahun 2017-2021. Sehingga Kota Tomohon telah tiga (3) kali menerima penghargaan Kota Layak Anak kategori Pratama di tahun 2018, 2019 dan 2021. Begitu pula dengan keterwakilan 12 perempuan dalam jajaran pejabat  setingkat Esselon Dua dari 37 pejabat yang ada di Kota Tomohon.

Sementara untuk partisipasi dan keterlibatan perempuan dalam politik yang mencapai 40 persen yaitu delapan (8) perempuan dari dua puluh (20) jumlah anggota DPRD Kota Tomohon. Begitu pula dengan semua masalah terlapor di PPA telah di layani 100 persen dengan baik.

Senduk juga memberikan apresiasi atas semua pencapaian ini karena keberhasilan ini berkat sinergitas program yang baik antara Kementerian PPA, Dinas PPA provinsi Sulawesi Utara dan pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas PPA Kota Tomohon yang ditopang dengan partisipasi masyarakat yang sangat baik.

Kami juga sampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kami kepada Lapas Perempuan dan LPKA yang telah berhasil dalam pembinaan warga pemasyarakatan perempuan sehingga menjadi bukti dan dedikasi Lapas Perempuan bagi warga binaannya.

Kegiatan yang dilakukan saat kunjungan Menteri PPPA Bintang Puspayoga di Lapas LPKA Kota Tomohon diantaranya :
– Penyerahan Simbolis Bantuan Spesifik Anak Warga Binaan
– Meninjau pelaksanaan Vaksinasi Anak di LPKA oleh Menteri PPPA
– Meninjau Pelatihan Pembuatan Minyak Kelapa oleh Anak Binaan LPKA
– Grand Launching L’Prado Batik yang merupakan Batik hasil kreatifitas Warga Binaan Perempuan yang berada didalam Lapas Perempuan Manado.

Dalam kesempatan ini Menteri bersama rombongan didampingi Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Tamuntuan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Daerah Sulut dr Kartika Devi Tanos, Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, SE serta Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng dan Sekretaris TP PKK Kota Tomohon Eleonora Lumentut-Sangi. (Advetorial)

Continue Reading

Berita Utama

Rapat FKUB Bahas Pelaksanaan Pekan Kerukunan Internasional FKUB ke-VI

Published

on

By

Ni

Tomohon, tubersmedia.com – Sosialisasi Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Nasional FKUB ke-VI Tahun 2021, dan Rapat Koordinasi FKUB se-Provinsi Sulut, dilaksanakan di Terung Kabasaran Tomohon, kamis (9/9/21).

Kegiatan ini sebagai bagian dari persiapan kegiatan FKUB se-Provinsi Sulut kedepan yang nantinya akan dilaksanakan, termasuk persiapan Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Nasional FKUB ke-VI Tahun 2021 yang rencananya akan dilaksanakan bulan november tahun ini di Provinsi Sulut tepatnya di Kota Tomohon, dan rencananya akan dihadiri langsung Presiden Republik Indonesia sekaligus akan menetapkan Kota Tomohon sebagai Kota Toleran di Indonesia.

Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw mewakili Gubernur mengatakan Pemerintah pusat melalui Kementerian agama merespon baik akan Sulawesi Utara untuk menjadi tempat dilaksanakannya Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Nasional FKUB ke-VI Tahun 2021, karena Sulut telah dikenal dengan kerukunan antar umat beragamanya, sehingga diharapkan seluruh masyarakat Sulawesi Utara untuk terus menjaga kerukunan antar umat beragamanya.

“Kerukunan sangat mahal, Sulawesi utara jagonya kerukunan, juaranya kerukunan, dan FKUB sebagai motor penggerak kerukunan, marilah kedamaian, sukacita, kerukunan di Sulawesi utara terus disebar dimana-mana, sehingga ibarat bunga membawa harum Provinsi kita, membawa harum bangsa dan negar,” ungkap Kandouw.

Sementara, Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH didampingi Wakil Walikota Wenny Lumentut SE mengatakan satu kehormatan Kota Tomohon nantinya akan menjadi tuan rumah kegiatan Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Nasional FKUB ke-VI Tahun 2021, dan bersamaan akan ditetapkan sebagai Kota Toleran di Indonesia.

Dijelaskannya, alasan Tomohon menjadi tempat kegiatan ini, dikarenakan kebersamaan antar umat beragama di Kota Tomohon termasuk baik bahkan menjadi percontohan bagi daerah lain, dan ini semua tidak lepas dari peran seluruh tokoh agama didalamnya juga seluruh masyarakat Kota Tomohon. (FMT)

Continue Reading

Berita Utama

Walikota Senduk Buka Kegiatan Rakorev PAD

Published

on

By

L

Tomohon, tubersmedia.com – Walikota Tomohon Caroll J.A Senduk SH membuka kegiatan rapat koordinasi dan evaluasi PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Tomohon tahun 2021 dirangkaikan dengan rekonsiliasi DBH (Dana Bagi Hasil) pajak Provinsi Sulawesi Utara Tahun Anggaran 2021 yang digelar di Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon, kamis (9/9/21).

Walikota Senduk menjelaskan PAD hakekatnya memiliki peran strategis bagi Pemerintahan Daerah dalam menjalankan roda pemerintahan, dikarenakan Pemerintah Daerah diberikan kewenangan oleh Pemerintah Pusat untuk mendanai pelaksanaan otonomi daerah sesuai dengan potensi daerah sebagai perwujudan desentralisasi.

Kaitan dengan capaian PAD Kota Tomohon tahun 2021, ada peningkatan dari tahun 2020. Hal ini tentunya patut kita syukuri bersama, meskipun ditengah masa sulit ketika kita masih diperhadapkan dengan pandemi covid-19 tapi capain PAD kita masih menunjukan trent positif.

Diharapkan capaian PAD Kota Tomohon dapat terus meningkat sehingga boleh berkontribusi dalam pembangunan daerah ini. (FMT)

Continue Reading

Advetorial

Pejabat Struktural Dilantik Walikota Tomohon Caroll Senduk

Published

on

By

Tomohon – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH, didampingi Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, SE, menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Pejabat Struktural di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.

Sesuai dengan protokol kesehatan, Walikota Tomohon melantik dan mengambil sumpah/Janji Kepala Bagian Umum, Para Lurah, Pejabat Eselon IV, Para Kepala Sekolah SD dan SMP IV.

Walikota Tomohon Caroll Senduk mengatakan, sesuai dengan ketentuan dalam peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 sebagaimana telah diubah dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2020 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil, telah disebutkan bahwa setiap PNS yang memenuhi syarat jabatan mempunyai kesempatan yang sama untuk diangkat dalam jabatan administrasi yang lowong dan “setiap PNS yang diangkat menjadi pejabat administrator dan pejabat pengawas wajib dilantik dan mengangkat sumpah/janji jabatan menurut agama atau kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa”.

Sementara itu, Aparatur pemerintah memegang peranan yang sangat menentukan dalam penyelenggaraan proses pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan. kemajuan kota tomohon saat ini maupun di masa yang akan datang sangat tergantung pada sejauh mana aparatur pemerintah bersama-sama dengan seluruh komponen masyarakat menyikapi berbagai kebijakan, program, serta dinamika dan kompleksitas permasalahan yang terjadi saat ini.

Sebagai implementasi dari upaya menata sistem pemerintahan di kota tomohon, pada hari ini saya telah melantik dan mengambil sumpah/janji pejabat administrator, pengawas dan kepala sekolah di lingkungan pemerintah kota tomohon.

“tentunya saudara-saudara yang baru saja dilantik telah memenuhi persyaratan baik dari segi kualitas, kepangkatan, dan kompetensi yang dimiliki,” pungkas Senduk.

Walikota berharap, kepada pejabat yang baru dilantik untuk menunjukkan kinerja dan prestasi kerja yang maksimal.

“harus saudara-saudara sadari dan pahami bahwa jabatan yang diemban merupakan tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” tutup Senduk.. (Advetorial)

Continue Reading

Trending