Connect with us

Mitra

Bupati James Sumendap Imbau Warga Waspada Bencana

Published

on

Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH

Ratahan, TUBERSMEDIA.com-Imbas cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini dapat mengakibatkan banjir dan tanah longsor dimana-mana, mengantisipasi hal tersebut Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH memberikan himbauan kepada masyarakat Mitra untuk Waspada akan bencana alam

“Sebaiknya masyarakat untuk selalu waspada terhadap musim penghujan ini. Mengingat di musim seperti sering terjadi bencana longsor atau banjir,” ujar Sumendap, Minggu (18/4/2021).

Lanjutnya, bencana sering kali terjadi di daerah dengan struktur tanah labil, karena itu warga yang tinggal kondisi wilayah seperti itu harus waspada.

“Hal ini perlu disampaikan kepada masyarakat agar mereka lebih waspada dalam situasinya. Intensitas hujan yang cukup besar angin yang begitu kencang. Bagi masyarakat yang berada di kemiringan dan di pesisir pantai agar lebih waspada terhadap cuaca ini,” katanya.

“Waspadai terjadinya banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. Ini mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang kita tak inginkan bersama,”sambung Bapak Pembangunan Mitra ini.

Karena itu lanjut Sumendap masyarakat terutama yang tinggal di daerah rawan longsor dan banjir agar waspada baik pagi hari sampai malam.

“Jika ada hal-hal yang kita tak inginkan terjadi diharapkan kepada seluruh warga masyarakat segera melaporkan hal tersebut kepada pemerintah setempat. Ataupun bisa menghubungi nomor-nomor telepon yang sudah tersedia di setiap Pos Covid-19,” ucap Sumendap.

Ia menambahkan, masyarakat yang sedang melakukan perjalanan baik menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua agar waspada terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Dikarenakan hujan lebat serta diikuti dengan petir saya menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang melakukan perjalanan untuk berhati-hati di jalan licin dan jauhi pepohonan agar terhindar dari kejadian yang kita tak inginkan bersama terjadi,” (**)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Utama

Sejumlah Komunitas Pecinta Alam Gelar Aksi Tanam Pohon Mangrove dan bersih Pantai

Published

on

By

Mitra, TUBERSMEDIA.Com-Aksi tanam pohon Mangrove dan bersih-bersih Pantai dilakukan sejumlah Komunitas Pecinta Alam Sulawesi Utara (Sulut) Minggu (01/8).

Pantai Empang /Hutan Bakau Desa Minanga, Kecamatan Pusomaen, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), menjadi sasaran dilakukannya aksi tersebut.

Yandi Supit selaku penggagas kegiatan mengatakan, hal itu dilakukan pihaknya dalam upaya menjaga kelestarian, serta memelihara alam.

“Kita harus berbuat dari hal kecil untuk memelihara alam sekitar, dan kiranya hal ini bisa diikuti oleh seluruh elemen masyarakat lainnya,”kata Supit didampingi Novi Singal, dan Frangklin Gontha.

Tak lupa mereka menyampaikan terima kasih kepada sejumlah organisasi dalam Komunitas Pecinta Alam Sulut, yang telah ikut bergabung dalam kegiatan tersebut.

Organisasi itu yakni, KPALANG Minahasa, KPA IMANGA Mitra, MPAB Justitia Unsrat, KPAB Garuda Manado, KPA Cliffhanger Minahasa Selatan, KEPAL Anthophila Manado, SPAB Carthenz Pyramid Manado, KPA Bumi Nyiur Manado, KPA Benteng Bentenan Mitra, KPA Atlas Ratahan serta FPAW Watuliney Mitra. (*)

Continue Reading

Berita Utama

Hadiri Rakernas, JS Sebut APKASI jadi Wadah Untuk Atasi Permasalahan Daerah

Published

on

By

Suasana Pengukuhan Pengurus APKASI
Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap

Mitra, TUBERSMEDIA.com-Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH (JS) menghadiri pengukuhan Dewan pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) serta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIII APKASI tahun 2021 yang dilaksanakan di Pecatu Ballroom BNDCC Nusa Dua, Bali, Sabtu (19/6/2021).

Acara pengukuhan ini dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan dihadiri oleh seluruh kepala daerah se-Indonesia.

Dalam arahannya, Mendagri meminta APKASI dapat menyerap aspirasi di daerah dan menjembataninya dengan pemerintah pusat. Menurutnya, daya dorong APKASI akan lebih kuat kepada pemerintah pusat ketimbang harus bergerak sendiri.

Sementara Bupati James Sumendap SH menyebut, APKASI merupakan wadah yang dapat mengatasi permasalahan di daerah.

“APKASI merupakan wadah dimana untuk membangun jejaring komunikasi penyelengara pemerintah di daerah, lebih khusus di Mitra yang semakin hebat ‘melaju 21’ ,”ujar Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati JS memberikan ucapan selamat kepada Dewan Pengurus APKASI masa bhakti 2021-2026 yang telah dikukuhkan

“Saya mengucapkan selamat bertugas buat pengurus APKASI periode 2021-2026 yang baru saja dikukuhkan,” kata Sumendap.

Sumendap berharap, APKASI menjadi wadah dalam menghimpun, mengarahkan dan mengkoordinasikan berbagai kegiatan terutama dalam memecahkan persoalan pandemi Covid-19.

“Pengukuhan APKASI sendiri bukan saja hanya acara seremonial semata, tetapi bisa saling tukar informasi terkait pencegahan Covid-19. Agar apa yang menjadi persoalan bangsa dan negara bahkan Nasional bisa kita bahas bersama di saat ini,” ucap Sumendap. (prokla)

Continue Reading

Berita Utama

Sekda Lalandos Minta Pemdes dan Tokoh Masyarakat Kerjasama Sosilisasikan Vaksinasi

Published

on

By

Sekretaris Kabupaten Minahasa Tenggara

Mitra, TUBERSMEDIA. com-Salahsatu upaya pemerintah untuk memutus penyebaran Covid-19, pemerintah saat ini gencar dengan program vaksinasi kepada masyarakat.

Tak ketinggalan pula Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) menunjang program pemerintah dalam pemberian Vaksin sampai kelapisan masyarakat.

Saat ditemui di ruang kerja, Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mitra David H Lalandos, AP. MM kepada sejumlah awak media mengatakan, disamping tata cara pelaksanan protokol kesehatan, yang paling penting saat ini pemerintah secara serentak melaksanakan vaksinasi kepada seluruh warga masyarakat, Kamis (17/6/2021)

” Pemerintah daerah dalam usaha memutuskan rantai covid-19 ini, berharap masyarakat mendukung itu lewat kesediaan untuk di vaksin ,” ucap Lalandos.

Menurutnya, agar supaya semua usaha dan program-program pemerintah itu bisa berjalan maka harus ada kerjasama.

” Oleh sebab itu kami juga meminta kepada seluruh pemerintah desa, tokoh-tokoh agama untuk turut serta bekerjasama mensosialisasikan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ia menambakan vaksin itu bukan satu hal yang menakutkan, justru vaksin itu demi untuk keamanan semua orang serta itu halal untuk digunakan.

” Jangan kita takut atau khawatir untuk di vaksin hanya karena informasi-informasi yang beredar. karena buktinya Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan seluruh jajaran pemerintah daerah serta aparat desa semua sudah di vaksin,” terang Lalandos.

Lebih lanjut ia katakan, sesuai peraturan President (Perpres) nomor 14 tahun 2021, perubahan atas peraturan President tahun 2020, tentang pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan Pademi Covid-19.

“ Disitu pemerintah telah mengatur tentang sanksi bagi masyarakat yang tidak di vaksinasi, konsekwensinya berupa penghentian pemberian jaminan sosial ataupun bantuan sosial, dan juga administratif,” tuturnya.

Ini dilaksanakan bukan karena kepentingan pemerintah, namun langka-langka ini diambil bertujuan menangani serta untuk menekan penyebaran covid-19,” pungkas Lalandos. (Prokla)

Continue Reading

Berita Utama

Dipimpin Bupati JS, Pemkab Mitra Lakukan Kunjungan ke Kabupaten Bantaeng

Published

on

By

Ratahan-TUBERSMEDIA. com-Bupati James Sumendap SH bersama rombongan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan, dan disambut hangat oleh Pemerintah Kabupaten tersebut di rumah jabatan Bupati Bantaeng, Kamis (10/6/2021).

Kabupaten Bantaeng yang merupakan kabupaten tertua di Sulawesi Selatan ini menjadi daya tarik berbagai Kabupaten/Kota di Indonesia.

Pada kunjungan tersebut, Bupati James Sumendap dalam mengatakan bahwa kunjungan ini bukan sekedar silaturahim, tapi juga sebagai wadah pembelajaran bagi kabupaten yang baru berdiri sejak tahun 2008 itu.

“Kami masih perlu belajar tentang banyak hal, dan Bantaeng sebagai kabupaten tertua di Sulsel menjadi pilihan terbaik. Apalagi daerah ini sangat menonjol di bidang pelayanan kesehatan dan pertanian”, ujarnya.

JS sapaan akrab Bupati Mitra ink juga mengundang Bupati Bantaeng bersama jajarannya untuk melakukan kunjungan ke Kabupaten Minahasa Tenggara.

Sementara itu, Bupati Bantaeng H. Ilham Azikin sangat mengapresiasi kunjungan tersebut.

“Alhamdulillah Bantaeng kembali mendapatkan berkah kehormatan dengan kehadiran Bupati Minahasa Tenggara dan jajarannya. Ini tentu menjadi motivasi sekaligus tantangan bagi kami,”ujar bupati.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa Bantaeng adalah kabupaten yang sangat ramah untuk siapa saja yang beraktivitas di daerah tersebut.

“Ada beberapa komodoti yang pastinya menjadi andalan kami, akan tetapi kami juga butuh belajar dari daerah lainnya untuk kemudian saling sharing,” tambahnya.

Selain pertanian, Bantaeng juga punya sektor industri olahan, kawasan industri yang mengelola smelter nikel.

“Semoga hal-hal baik yang kami lakukan dapat menjadi koreksi bagi ke depan untuk menjadi semakin baik,” pungkasnya.(**)

Continue Reading

Mitra

Harkitnas Ke-113 via Vidcon, Legi Wakili Bupati JS

Published

on

By

Ratahan, TUBERSMEDIA.com- Wakil Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Drs Jesaya J Legi, Mengikuti Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke 113 tahun 2021 yang diselenggarakan melalui Video Conference. Upacara Harkitnas ini Wabub bertindak mewakili Bupati Mitra James Sumendap SH, bertempat di Sport Hall Kantor Bupati, Ratahan, Kamis (20/05)

Dikatakan Wabub Legi, Hari Kebangkitan Nasional tahun 2021 ini bertemakan ‘Bangkit! Kita Bangsa Yang Tangguh’. “Semangat kebangkitan nasional menghantarkan kita sebagai bangsa yang tangguh,” kata Legi.

Turut hadir dalam rangkaian kegiatan ini Sekretaris Daerah David H. Lalandos, A.P., M.M., Para Asisten, Para Perangkat Daerah, serta jajaran pejabat Pemkab Mitra.(prokla )

Continue Reading

Trending