Connect with us

Minahasa

Wawali Lumentut Terima Kunjungan Trisula Sulut Dalam Rangka Hardiknas

Published

on

Tomohon, TUBERSMEDIA.com- Memaknai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) trisula Sulut Hebat yakni Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama Ketua DPRD Fransiscus A Silangen didampingi Wakil Walikota Wenny Lumentut mengunjungi satu-satunya daerah di Nyiur Melambai berlabel Kota Pendidikan. Wujud sinergitas hebatkan pendidikan Sulut dari Tomohon dibuktikan saat pelaksanaan ragam aktifitas kegiatan untuk menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid 19, dalam rangka memperingati Hardiknas 2021, berpusat di SMK Kr. 1 Tomohon, Rabu (05/05).a

Dalam prakatanya Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut menuturkan Pemerintah Kota Tomohon sementara dalam kegiatan memeriahkan Hadiknas dengan tema Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar.

“Dimana ada rangkaian kegiatan upacara bendera tersebut kami juga secara resmi telah membuka kembali sekolah untuk melakukan pembelajaran tatap muka terbatas di 20 satuan pendidikan jenjang TK/Paud, 41 SD, dan 20 SMP se- Kota Tomohon. Hal ini kami lakukan setelah terlebih dahulu memastikan kesiapan sarana prasarana penunjang penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah, terlebih kami juga telah melakukan vaksinasi terhadap 1.398 pendidik dan tenaga kependidikan sebagai salah satu prasyarat dimulainya pembelajaran tatap muka terbatas,” jelas Lumentut.

Pemerintah Kota Tomohon sangat berharap untuk selalu mendapatkan bimbingan dan dukungan penuh dari Gubernur melalui Dinas Pendidikan Provinsi, dalam peningkatan kualitas penyelenggaran pendidikan di Kota Tomohon.

“Memang perlu disadari terdapat pembagian kewenangan pengelolaan pendidikan dasar dan menengah, tetapi mutu pendidikan tetap menjadi tanggung jawab bersama. Sehingga wujud sinergitas dengan pemerintah Provinsi mampu berkontribusi hebatkan pendidikan Sulut dari Tomohon,” lanjut Wakil Walikota yang memiliki nada bicara khas ini.

Dalam kesempatan tersebut, trisula Sulut hebat bersama Wawali Tomohon bersama-sama meresmikan bantuan pemerintah bagi sekolah Swasta, Negeri dan Sekolah Luar Biasa (SLB) melalui Penandatanganan Prasasti DAK tahun 2020 SMA, SMK, SLB se-Provinsi Sulawesi Utara.

“Jadi kita mengharapkan bantuan pemerintah ini dimanfaatkan sesuai dengan keinginan dari masyarakat, bagaimana kita meningkatkan pendidikan Sulut. Penyerahan bantuan tersebut berupa ruang praktek siswa, laboratorium dan ruang guru yang terbagi untuk 17 sekolah yang ada di Sulut,” ujar Dondokambey yang didampingi Wakilnya Steven Kandouw

Dirinya menjelaskan peran serta pemerintah bagi kemajuan dunia pendidikan secara tak langsung akan mendukung sumber daya manusia dan angkatan kerja di Sulut.

“Karena ini banyak SMK-SMK yang menjadi sekolah pusat keunggulan dari penilaian pemerintah pusat. Kami akan menjalankan Program Sulut Pintar yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM bagi guru-guru. Ke depannya juga pemerintah akan membentuk SMK vokasi untuk memenuhi kebutuhan di berbagai bidang untuk memenuhi angkatan kerja di daerah,” tambahnya.

Olly juga mengingatkan penyelenggara pendidikan dan keuangan agar jangan menyimpang mengingat bantuan pemerintah akan lebih besar.

“Jadi bagi para penyelenggara pendidikan, penyelenggara anggaran lebih berhati-hati dan manfaatkan apa yang didapatkan untuk kebangkitan pendidikan di Sulut,” harapnya.

Dalam kesempatan itu juga diberikan penghargaan bagi 14 Sekolah sebagai pelaksana program sekolah penggerak tahun 2021. Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan, menyerahkan Piagam Penghargaan bagi siswa berprestasi pemenang lomba, selamat dan sukses demi pendidikan Sulut dan Tomohon Hebat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Forkopimda Sulawesi Utara, Forkopimda Kota Tomohon, Kepala Dinas Pendidikan Sulut, Jeand’arc Karundeng, Eleonora Sangi, Kepala LPMP Sulut Febri Dien, para Kepala Sekolah serta undangan. (I’m)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Utama

Sinaga Pimpin Pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Kedua Kodim 1302/Minahasa.

Published

on

By

Tondano, TUBERSMEDIA.Com- Pelaksanaan serbuan Vaksinasi masal kedua yang digelar Kodim 1302/Minahasa dipimpin langsung Dandim Letnan Kolonel ( Letkol ) Inf Herbeth Andi Amino Sinaga S.I.P.

Agenda ini dilaksanakan di halaman Kantor Makodim Kecamatan Tondano Utara, Kabupaten Minahasa, Senin (02/08).

“Hari ini merupakan agenda Vaksinasi kedua dan yang vaksin yang disiapkan ini berjumlah 117 Vial, ini akan diperuntukkan kepada 1117 orang yang sudah siap untuk menerima vaksinasi,”kata Sinaga saat memantau pelaksanaan vaksin.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi berlokasi di dua tempat, yang pertama dihalaman depan Kantor Makodim, dan lokasi kedua berada di Aula belakan antor Makodim.

“Alasan membagi dua lokasi Vaksinasi ini lanjut Sinaga, yakni untuk menghindari kerumunan dan penumpukan peserta Vaksin, disamping itu pula kami berusaha semua peserta akan mendapatkan pelayanan Vaksin sebab kami sendiri menyiapkan,”ungkapnya.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, ditengah upaya percepatan penanganan dan memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 diwilayah teritorial Kodim 1302/Minahasa, hari ini pihaknya mendapat dukungan penuh dari pemerintah Kabupaten Minahasa dengan mengerahkan sedikitnya 33 Orang tenaga medis dan juga tenaga dari Detasemen Kesehatan Wilayah ( Denkesyah ) Manado sebanyak 12 Orang.

Sinaga berharap dengan pelaksanan vaksinasi ini dapat mendorong percepatan pencegahan memutus mata rantai Covid-19.

“Mari suksekan surbuan Vaksinasi Kodim Minahasa,”kuncinya. (*)

Continue Reading

Berita Utama

Breaking News : Telah Berpulang, Kapolres Minahasa AKBP. Henzly Moningkey, SIK, MSI.

Published

on

By

Tondano, TUBERSMEDIA.Com – Kabar duka mendalam bagi jajaran Kepolisian, khususnya jajaran Polres Minahasa. Duka cita ini atas berpulangnya Kapolres Minahasa AKBP. Henzly Moningkey, SIK, MSI, Sabtu (26/06) pagi tadi.

Informasi didapat media ini, sebelumnya Almarhum Kapolres Moningkey Kamis melakukan aksi solidaritas dengan mendonorkan darah bagi salah satu masyarakat. Kemudian pada Jumat melaksanakan olahraga pagi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Minahasa. Dan pada pagi tadi sempat melakukan olahraga pagi di rumah dinas.

Usai melaksanakan olahraga Kapolres Moningkey merasa kecapean dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sam Ratulangi Tondano hingga akhirnya Almarhum menghembuskan nafas terakhir dan dinyatakan meninggal dunia pada pukul 09:50 Wita.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat (Kasubag Humas) Polres Minahasa Robin Langi dikonfirmasi membenarkan informasi berpulangnya Almarhum Kapolres Moningkey.

“Saat ini baik keluarga maupun jajaran Polres Minahasa sudah berada di Mapolres, dan pada rencananya akan menjemput Jenazah Almarhum yang masih berada di ruang pemulasaran RSUD,”tandasnya. (I’M)

Continue Reading

Berita Utama

Turun Reses, HVK Serap Ratusan Aspirasi Masyarakat Dapil Min-Tom

Published

on

By

Tomohon, Tubersmedia.com –
Reses I di tahun 2021 dilakukan seluruh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut).

Hal ini guna menyerap dan memperjuangkan aspirasi bagi masyarakat konstituen di wilayah masing-masing daerah pilihan (dapil).

Herol V Kaawoan, anggota Fraksi Nyiur Melambai Dapil Minahasa-Tomohon DPRD Provinsi ini menyerap berbagai kebutuhan masyarakat di sejumlah titik. Tercatat, ratusan aspirasi diutarakan berbagai element masyarakat, baik para petani, pengusaha mikro sampai perangkat Desa.

“Reses merupakan amanah undang-undang bagi setiap anggota dewan untuk menyerap aspirasi masyarakat, dan ini sangat penting pastinya sudah menjadi tugas lembaga DPRD,” kata Kaawoan diwawancarai tubersmedia.com saat reses di kecamatan Remboken dan Tompaso, Rabu (08/04).

Menurut Wakil Ketua Komisi 1 de jure ini, setiap aspirasi akan dikumpul, ditampung, mana yang menjadi kewenangan dewan provinsi atau kabupaten dan finalnya akan diinput bersama teman-teman komisi DPRD di sistem Informasi Pemerintah daerah (SIPD).

“Intinya semua aspirasi yang disampaikan ini akan saya bawa di lembaga DPRD Sulut, dan semua aspirasi ini akan dipelajari sebelum musrembang kemudian dibacakan dalam rapat paripurna bersama pihak eksekutif” kunci politisi Gerindra tersebut. (Manuel)

Continue Reading

Berita Utama

Walikota Tomohon Ingatkan Para Guru Upgrade Kekinian Metode Belajar Anak

Published

on

By

TOMOHON, TUBERSMEDIA.com – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH, mengingatkan kepada guru-guru untuk terus mengupgrade skil dalam metode-metode pembelajaran kekinian kepada anak-anak.

Hal itu dikatakan Walikota saat menerima audiensi dari pimpinan TK dan PAUD Happy Holly Kids dengan Kepala Sekolah di ruangannya, Rabu (24/03).

“Saya sangat senang dengan kunjungan ini, diharapkan para guru untuk skil memberikan metode pembelajaran,” kata Walikota.

Menurut Senduk, dalam hal pendidikan tentu akan selalu mendapat perhatian dan Kepedulian lebih dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kota Tomohon.

“Ketersediaan sarana prasarana penunjang serta peningkatan SDM tentunya menjadi utama bagi kemajuan pendidikan yang ada di Kota Tomohon,” tandasnya

Dalam audiensi ini diwakili oleh Adik Daniel dan Queen didampingi oleh para Guru pengajar di Happy Holly Kids.

Pertemuan ini mengundang gelak tawa seisi ruangan tatkala Walikota ditanyai sejumlah pertanyaan oleh adik Daniel & Queen. (Manuel)

Continue Reading

Berita Utama

Segera Berlakukan Program E-Tilang, Kapolres Sebut Siap Didukung Pemkot Tomohon

Published

on

By

Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot, S.IK, M.H

TOMOHON, TUBERSMEDIA.com – Pemberlakuan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) Polisi Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) telah di launching. Beberapa kabupaten/kota di sulut sudah mulai menerapkan, Kota Tomohon pun siap merealisasikan program e-tilang tersebut.

Kepala Polisi Resor (Kapolres) Kota Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot, S.IK, M.H mengatakan, meski secara teknis baru memiliki dua unit CCTV biasa, namun penerapan secara efektif akan segera direalisasikan secepatnya.

“Memang untuk peralatan yang ada baru dipasang di dua titik yakni, di kawasan pertigaan patung Tololiu namun untuk sementara CCTV ini masih mengawasi aksi-aksi kejahatan di daerah,” kata Kapolres kepada sejumlah wartawan di ruang kerja, Rabu (24/03).

Menurutnya, penerapan e-tilang tersebut nantinya harus dan akan terintegrasi dengan Comand Center, baik yang ada di kantor Pemerintah maupun Mapolres.

Meski begitu dia mengakui, pemberlakuan efektif e-tilang serta pengadaan CCTV di titik tertentu tidak akan terwujud tanpa dukungan dari Pemerintah Kota.

“Saya sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah terkait kesiapan, dan ternyata Walikota sangat merespon dan pada rencananya Pemkot akan menambah CCTV di beberapa titik strategis di Kota Tomohon,” terangnya.

Terkait target berapa titik strategis yang akan dipasang lanjuk Kapolres, dirinya belum bisa memastikan berapa jumlah CCTV yang akan dipasang karena pihaknya masih akan melakukan rapat dengan pihak Pemerintah.

“Pastinya kami tetap akan menyosialisasikan ke masyarakat terkait seperti apa proses penerapan tilang elektronik ini, dan mudah-mudahan pada pertemuan nanti pengadaan CCTV ini akan segera terealisasi,” tutup Kapolres. (Manuel)

Continue Reading

Trending