Connect with us

Advetorial

Gebyar Pendidikan, Pemkot Tomohon Serentak Wujudkan Kota Merdeka Belajar

Published

on

Tomohon, TUBERSMEDIA.com- Meski dihadapkan Pandemi Covid, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon dibawah kepemimpinan Walikota Caroll Senduk (CS) dan Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut (WL) terus berupaya mempertegas Kota Tomohon sebagai Kota Pendidikan.

Gebyar pendidikan dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) menjadi momentum untuk bangkit dalam semangat ‘serentak bergerak, wujudkan merdeka belajar.

“Pemerintah Kota Tomohon terus berupaya melakukan lompatan besar mewujudkan tomohon sebagai kota pendidikan bagi semua kalangan masyarakat, melalui peningkatan kualitas layanan pendidikan. Menjadi cita-cita kita bersama mewujudkan tomohon sebagai kota destinasi pariwisata dunia, ditunjang dengan sarana pendukung dan fasilitas pendidikan professional,” kata Walikota Tomohon didamping Wakil Walikota Tomohon saat menghadiri kegiatan Gebyar Pendidikan bertempat di Aula Bukit Inspirasi, Kamis (06/05).

Meski ebih dari setahun berjuang melawan pandemi ini lanjut Walikota, tetapi semangat belajar anak-anak kita tidak pernah redup.

“Mimpi mereka untuk meraih masa depan yang cerah senantiasa hidup di dalam tekad dan kerja keras para guru yang tidak pernah lelah mendidik mereka di tengah segala keterbatasan yang ada,”tukasnya.

Berikut Perkembangan Pendidikan di Kota Tomohon:

Sehubungan dengan masa pandemi maka satuan Pendidikan jenjang PAUD, SD, SMP, PKBM dan SKB selama 1 tahun melaksanakan pembelajaran Daring, Luring, Guling. Pembelajaran daring dilaksanakan dengan menggunakan media SMS, WA, Zoom, Google Class Room, Portal Rumah Belajar, Aplikasi Ruang Guru, dan media pembelajaran lainnya. Guru-guru juga secara khusus mendapat pembekalan PJJ melalui Bimtek terbatas, Webinar Digital Learning, Pelatihan dari RuangGuru, dan pelatihan Kelompok Kerja Guru (KKG).

Dalam menopang PembelajaranJarak Jauh 99% sekolah telah memiliki 1 set media video conference untuk pembelajaran jarak jauh yang dibiayai melalui dana BOS, dan 12 sekolah negeri yang tidak mampu membiayai lewat dana BOS diberikan melalui dana APBD.Dalam menopang PJJ sebagian 96 persen sekolah telah memiliki jaringan Internet terpasang.

Tentang sertifikasi triwulan 1 tahap 1 sebesar Rp. 3.385.618.990,- tanggal 29 April sudah dibayarkan. Sisanya menunggu SK Menteri. Jumlah penerima  569 dengan Total Rp. 6.821.915.400,- guru TK,SD, SMP, dan Pengawas.

Terkait dimulainya Pembelajaran Tatap Muka terbatas, kami laporkan sesuai aplikasi Daftar Periksa dan dinyatakan siap sebanyak 20 TK, 48 SD, Dan 20 SMP.

Telah dilakukan vaksinasi terhadap 1.524 pendidik dan tenaga kependidikan sebagai salah satu prasyarat dimulainya pembelajaran tatap muka terbatas.

Terkait dengan kegiatan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, dalam Simak Budaya Torang antar kabupaten/kota.
Prestasi di bidang Pendidikan melalui apresiasi Desa Budaya Kelurahan Rurukan Kecamatan Tomohon Timur

Juara 1 Lomba Tradisi Lisan an. siswa SMP Negeri 4 Tomohon

Juara 2 Musik Tradisional Kolintang an. Sanggar Ma’zani Rumah Budaya Nusantara

Juara 3 Musik Tradisional Kolintang an.Sanggar Bintang Samudera SMP Stella Maris Tomohon

Terkait program sekolah penggerak dalam merdeka belajar Kemdikbud, Kota Tomohon akan melaksanakan  sesuai Surat Kemdikbud tahun 2021 dan sampai saat ini ada 4 orang peserta seleksi guru penggerak dan pengajar praktik untuk progam ini, an. Ibu Novia Ering, M.Pd (Pengawas Sekolah), Julita Sambeka SPd (TK Katolik St. Theresia), Elia Toding Bua, M.Pd (SMP Negeri 1 Tomohon), dan Inggrid Senduk (TK Roda Junior).Sesuai Surat Pengumuman Kemdikbud NO.8250/A3/KP/2021, Bapak Alfian Runtuwene, S.pd Guru Honorer di SD GMIM 4 Tomohon, menjadi calon guru pada satuan Pendidikan Program Community Learning Center (CLC) di Malaysia.

Sesuai Surat Pengumuman Kemdikbud NO.8250/A3/KP/2021, Bapak Alfian Runtuwene, S.pd Guru Honorer di SD GMIM 4 Tomohon, menjadi calon guru pada satuan Pendidikan Program Community Learning Center (CLC) di Malaysia.

Dua Sekolah di Kota Tomohon terpilih dalam Bridge Program Asia Education Fondation (AEF) Australia-Indondesia, SMP Negri 3 Tomohon, an. Bpk. Marvel Bukanaung, S.Pd, Ibu Maya Budiyanto, S.Pd; SD Lentera Harapan Tomohon, an. Bpk. Yulius Telaumbanua, B.Ed., S.Pd, Ibu Melisa Tawontju, B.Ed., S.Pd.

Dalam rangka mewujudkan program Cerdaskan Siswa Wajib Belajar maka kami memberikan bantuan perlengkapan sekolah bagi siswa kurang mampu.

Tahun 2021 kami telah mengusulkan 72 calon formasi guru P3K dari Kota Tomohon. Terkait hal itu, Kemdikbud telah menyediakan Modul Belajar Mandiri bagu Calon Guru P3K. mohon kesediaan Bapak Walikota untuk menyerahkan modul dimaksud pada acara ini. (Advetorial)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advetorial

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Kunjungi Kota Tomohon

Published

on

By

Tomohon – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia Bintang Puspayoga, mengunjungi Kota Tomohon, dan melaksanakan kegiatan di Danau Linou dan LPKA Kota Tomohon, serta mengikuti berbagai rangkaian kegiatan seperti Penyerahan Simbolis Bantuan Spesifik Anak Warga Binaan, Meninjau pelaksanaan Vaksinasi Anak di LPKA, Meninjau Pelatihan Pembuatan Minyak Kelapa oleh Anak Binaan LPKA
Dan Melihat L’Prado Batik yang merupakan Batik hasil kreatifitas Warga Binaan Perempuan yang berada didalam Lapas Perempuan Manado.

Menteri PPPA mengharapkan agar bantuan yang diserahkan ini kiranya dapat digunakan dengan sebaik-baiknya serta mengharapkan agar masyarakat juga dapat membantu mereka.

Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH pada kesempatan ini mengatakan, bahwa atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan selamat datang di Kota Tomohon, kepada Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Ibu Bintang Puspayoga bersama rombongan. Menjadi sebuah kebanggaan serta kehormatan bagi kami pemerintah dan seluruh masyarakat Kota Tomohon, atas kunjungan ibu Menteri beserta rombongan.

“Selamat menikmati keindahan dan pesona Kota Tomohon yang didukung oleh keramahan masyarakat serta kehidupan yang rukun dan damai yang terpelihara hingga saat ini,” ujar Walikota Senduk.

Senduk pula menyampaikan sekilas mengenai Kota Tomohon, serta Visi Kota Tomohon yaitu Tomohon Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera.

Walikota menejlaskan komitmen
Pemerintah Kota Tomohon untuk menunjang program Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan peningkatan anggaran dari tahun ke tahun sejak tahun 2017-2021. Sehingga Kota Tomohon telah tiga (3) kali menerima penghargaan Kota Layak Anak kategori Pratama di tahun 2018, 2019 dan 2021. Begitu pula dengan keterwakilan 12 perempuan dalam jajaran pejabat  setingkat Esselon Dua dari 37 pejabat yang ada di Kota Tomohon.

Sementara untuk partisipasi dan keterlibatan perempuan dalam politik yang mencapai 40 persen yaitu delapan (8) perempuan dari dua puluh (20) jumlah anggota DPRD Kota Tomohon. Begitu pula dengan semua masalah terlapor di PPA telah di layani 100 persen dengan baik.

Senduk juga memberikan apresiasi atas semua pencapaian ini karena keberhasilan ini berkat sinergitas program yang baik antara Kementerian PPA, Dinas PPA provinsi Sulawesi Utara dan pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas PPA Kota Tomohon yang ditopang dengan partisipasi masyarakat yang sangat baik.

Kami juga sampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kami kepada Lapas Perempuan dan LPKA yang telah berhasil dalam pembinaan warga pemasyarakatan perempuan sehingga menjadi bukti dan dedikasi Lapas Perempuan bagi warga binaannya.

Kegiatan yang dilakukan saat kunjungan Menteri PPPA Bintang Puspayoga di Lapas LPKA Kota Tomohon diantaranya :
– Penyerahan Simbolis Bantuan Spesifik Anak Warga Binaan
– Meninjau pelaksanaan Vaksinasi Anak di LPKA oleh Menteri PPPA
– Meninjau Pelatihan Pembuatan Minyak Kelapa oleh Anak Binaan LPKA
– Grand Launching L’Prado Batik yang merupakan Batik hasil kreatifitas Warga Binaan Perempuan yang berada didalam Lapas Perempuan Manado.

Dalam kesempatan ini Menteri bersama rombongan didampingi Ketua TP-PKK Sulut Rita Maya Tamuntuan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Daerah Sulut dr Kartika Devi Tanos, Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, SE serta Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng dan Sekretaris TP PKK Kota Tomohon Eleonora Lumentut-Sangi. (Advetorial)

Continue Reading

Advetorial

Pejabat Struktural Dilantik Walikota Tomohon Caroll Senduk

Published

on

By

Tomohon – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH, didampingi Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, SE, menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Pejabat Struktural di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.

Sesuai dengan protokol kesehatan, Walikota Tomohon melantik dan mengambil sumpah/Janji Kepala Bagian Umum, Para Lurah, Pejabat Eselon IV, Para Kepala Sekolah SD dan SMP IV.

Walikota Tomohon Caroll Senduk mengatakan, sesuai dengan ketentuan dalam peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 sebagaimana telah diubah dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2020 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil, telah disebutkan bahwa setiap PNS yang memenuhi syarat jabatan mempunyai kesempatan yang sama untuk diangkat dalam jabatan administrasi yang lowong dan “setiap PNS yang diangkat menjadi pejabat administrator dan pejabat pengawas wajib dilantik dan mengangkat sumpah/janji jabatan menurut agama atau kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa”.

Sementara itu, Aparatur pemerintah memegang peranan yang sangat menentukan dalam penyelenggaraan proses pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan. kemajuan kota tomohon saat ini maupun di masa yang akan datang sangat tergantung pada sejauh mana aparatur pemerintah bersama-sama dengan seluruh komponen masyarakat menyikapi berbagai kebijakan, program, serta dinamika dan kompleksitas permasalahan yang terjadi saat ini.

Sebagai implementasi dari upaya menata sistem pemerintahan di kota tomohon, pada hari ini saya telah melantik dan mengambil sumpah/janji pejabat administrator, pengawas dan kepala sekolah di lingkungan pemerintah kota tomohon.

“tentunya saudara-saudara yang baru saja dilantik telah memenuhi persyaratan baik dari segi kualitas, kepangkatan, dan kompetensi yang dimiliki,” pungkas Senduk.

Walikota berharap, kepada pejabat yang baru dilantik untuk menunjukkan kinerja dan prestasi kerja yang maksimal.

“harus saudara-saudara sadari dan pahami bahwa jabatan yang diemban merupakan tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” tutup Senduk.. (Advetorial)

Continue Reading

Advetorial

Rocky Wowor Ucapkan Selamat HUT Provinsi ke-57

Published

on

By

Tomohon ,tubersmedia.com-Memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Utara ke-57 Tahun, saat ini di rayakan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana sejak awal tahun 2020, seluruh dunia mengalami pandemi Covid-19, termasuk di Daerah Sulawesi Utara, dan dari dampak pandemi ini, maka perayaan HUT Provinsi nantinya hanya dilaksanakan secara sederhana.

Rocky Wowor salah satu politisi muda yang merakyat ini mengatakan, dimana dengan memasuki usia ke-57 Tahun, yang dinahkodai Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, pembangunan sangat maju dan berkembang pesat.

Wowor pula mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Provinsi ke-57, kiranya dengan bertambah usia maka pembangunan, infrastruktur serta perekonomian warga Sulut meningkat.

Ditambahkan politisi yang berjiwa dermawan pada siapapun yang ditemuinya serta mendapat simpatik dari warga berharap, agar sinergitas antara pemerintah dan masyarakat selalu terjalin.

Sementara itu, Wowor meminta dukungan dari masyarakat Sulut, untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dan juga menghimbau masyarakat mentaati protokol kesehatan saat beraktifitas serta bersama-sama menunjang program Pemerintah Sulut dan Kab/Kota untuk sulut semakin hebat.. (FMT)

Continue Reading

Advetorial

Walikota Tomohon Senduk Jadi Inspektur Upacara Pada HUT Kemerdekaan RI ke-76

Published

on

By

Tomohon – Upacara Peringatan Ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 Di Kota Tomohon dilaksanakan di Stadion Babe Palar Tomohon (17/8/21).

Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH menjadi Inspektur Upacara Peringatan Ke- 76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 Di Kota Tomohon.

Upacara ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Dalam upacara ini
Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah, S.E membaca teks proklamasi.

Selesai upacara dilanjutkandengan Penyerahan Satyalancana Karya Satya 10, 20 dan 30 tahun secara simbolis.

Adapun yang menerima yaitu 10 tahun 25 orang, 20 tahun 5 orang dan 30 tahun 5 orang.

Sementara itu, penyerahan remisi secara simbolis kepada perwakilan Lapas Khusus Anak dan Lapas Perempuan yaitu 86 orang dari Lapas Khusus Anak dan 21 orang dari Lapas Perempuan.

Berikutnya diserahkan secara simbolis hadiah dan piagam kepada para pemenang lomba yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kota Tomohon.

Lomba Taman Aku Hatinya PKK, juara 1 Kelurahan Tinoor Dua dan Kelurahan Taratara Tiga, Juara 2 Kelurahan Paslaten Satu dan Kelurahan Matani Dua, Juara 3 Kelurahan Kakaskasen dan Kelurahan Walian, Harapan 1 Kelurahan Woloan Tiga, Harapan 2 Kelurahan Kinilow, Harapan 3 Kelurahan Woloan Dua, Harapan 4 Kelurahan Walian Satu.

Sedangkan untuk lomba desain Batik : Juara 1 Jemi Kano, Juara 2 Sacra Yunita Pare, Juara 3 Berce Wuisan, Harapan 1 Ardes Pratama, Harapan 2 Cheren Paputungan. (Advetorial)

Continue Reading

Advetorial

Walikota Tomohon Caroll Senduk Jadi Irup Pada HUT Kemerdekaan RI ke-76

Published

on

By

Tomohon – Upacara Peringatan Ke-76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 Di Kota Tomohon dilaksanakan di Stadion Babe Palar Tomohon (17/8/21).

Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH menjadi Inspektur Upacara Peringatan Ke- 76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 Di Kota Tomohon.

Upacara ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Dalam upacara ini
Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah, S.E membaca teks proklamasi.

Selesai upacara dilanjutkandengan Penyerahan Satyalancana Karya Satya 10, 20 dan 30 tahun secara simbolis.

Adapun yang menerima yaitu 10 tahun 25 orang, 20 tahun 5 orang dan 30 tahun 5 orang.

Sementara itu, penyerahan remisi secara simbolis kepada perwakilan Lapas Khusus Anak dan Lapas Perempuan yaitu 86 orang dari Lapas Khusus Anak dan 21 orang dari Lapas Perempuan.

Berikutnya diserahkan secara simbolis hadiah dan piagam kepada para pemenang lomba yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kota Tomohon.

Lomba Taman Aku Hatinya PKK, juara 1 Kelurahan Tinoor Dua dan Kelurahan Taratara Tiga, Juara 2 Kelurahan Paslaten Satu dan Kelurahan Matani Dua, Juara 3 Kelurahan Kakaskasen dan Kelurahan Walian, Harapan 1 Kelurahan Woloan Tiga, Harapan 2 Kelurahan Kinilow, Harapan 3 Kelurahan Woloan Dua, Harapan 4 Kelurahan Walian Satu.

Sedangkan untuk lomba desain Batik : Juara 1 Jemi Kano, Juara 2 Sacra Yunita Pare, Juara 3 Berce Wuisan, Harapan 1 Ardes Pratama, Harapan 2 Cheren Paputungan. (Advetorial)

Continue Reading

Trending