Connect with us

Berita Utama

Paripurna RPJMD, CS-WL Paparkan Sejumlah Program Visi Misi

Published

on

Tomohon, TUBERSMEDIA.com- Rapat paripurna DPRD Kota Tomohon dalam rangka penandatanganan nota kesepakatan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kota Tomohon Tahun 2021-2026. bertempat di Ruang Sidang DPRD Kota Tomohon, Jumat (7/5).

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah, SE didampingi Wakil Ketua Erens Kereh, AMKL dan Drs. Johny Runtuwene, DEA.
Hadir Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, SE, Anggota DPRD Kota Tomohon, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan, AP, MSi, serta para Pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.

Dalam sambutannya Wali kota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH memberikan apresiasi kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD Kota Tomohon yang telah mengagendakan kegiatan rapat paripurna DPRD ini sebagai langkah percepatan dalam tahapan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon tahun 2021-2026.

Diketahui RPJMD Kota Tomohon merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional yang disusun secara bersama-sama dengan pemangku kepentingan berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing, serta dilaksanakan berdasarkan kondisi dan potensi yang dimiliki daerah yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah dan sesuai dengan dinamika perkembangan daerah dan nasional.
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program Walikota dan Wakil Walikota yang memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 (lima) tahun.

Untuk itu Wali kota menyampaikan banyak terima kasih atas kerjasama yang harmonis antara pimpinan dan anggota DPRD Kota Tomohon dengan tahapan yang sudah sesuai dengan alokasi waktu yang telah diatur dalam regulasi, sebagaimana melalui pembahasan yang sudah dilakukan baik dengan tim penyusun RPJMD Kota Tomohon maupun dengan perangkat daerah yang dibahas bersama komisi DPRD, sehingga apa yang menjadi saran dan masukan bahkan rekomendasi akan menjadi catatan strategis yang dapat dijadikan masukan perbaikan dalam penyempurnaan atas dokumen rancangan awal RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 dan akan langsung di tindaklanjuti oleh pemerintah selaku tim penyusun.

Dalam dokumen rancangan awal RPJMD ini nantinya akan dikonsultasikan ke provinsi.
Dan tahapan selanjutnya adalah pengajuan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah Kota Tomohon. Rancangan awal RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 merupakan penyempurnaan rancangan teknokratik RPJMD yang berpedoman pada visi, misi dan program kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih.

“Saya selaku Wali kota bersama Wakil Wali kota terpilih Kota Tomohon ingin menyampaikan visi dan misi kami untuk di implementasikan dalam kurun waktu masa kepemimpinan kami yang dituangkan dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon tahun 2021-2026,” ucap Caroll.

Adapun visi CSWL adalah “Tomohon Maju, Berdaya Saing dan Sejahtera” yang dijabarkan dalam 5 misi yakni : Menjaga dan melestarikan Tomohon sebagai kota religius.

Peningkatan kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor

Menjadikan Tomohon sebagai kota wisata dunia

Memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan

Mewujudkan pelayanan pemerintahan yang bersih, efektif dan berintegritas

Harapan Wali Kota, kiranya sinergitas yang terjalin dengan DPRD dan masyarakat tetap tejalin, untuk kesejahteraan Kota Tomohon.

“Besar harapan kami kiranya sinergitas yang baik antara Pemerintah, DPRD dan seluruh elemen masyarakat dapat terjalin demi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon yang kita cintai,’ tukasnya.

Lanjutnya, dalam kesempatan ini saya mintakan kepada seluruh pejabat dan kepala perangkat daerah di jajaran pemerintah Kota Tomohon untuk bekerjasama dalam penyempurnaan dokumen rancangan awal RPJMD Kota Tomohon ini berdasarkan fungsi masing-masing serta dalam menjalankan program dan kegiatan agar senantiasa sejalan dengan perencanaan pembangunan strategis 5 (lima) tahun ke depan, serta turut berkontribusi dalam memberikan evaluasi kinerja daerah berdasarkan data-data sesuai dengan tanggung jawab, tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah.

Sehingga RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 dapat dikatakan sebagai hulu dari seluruh alur pelaksanaan pembangunan yang wajib dijadikan pedoman bagi seluruh stakeholders yang terkait dengan pembangunan di Kota Tomohon. RPJMD Kota Tomohon ini nantinya juga akan menjadi pedoman bagi seluruh perangkat daerah dilingkup pemerintah Kota Tomohon untuk merumuskan dokumen rencana strategis (Renstra) perangkat daerah tahun 2021-2026, yang kemudian akan dijabarkan setiap tahun selama periode RPJMD ini dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD), rencana kerja (Renja) perangkat daerah dan akan menjadi dasar dalam penyusunan RKA perangkat daerah; KUA-PPAS sampai pada penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Tomohon. (I’M)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Utama

Gubernur Sulut Olly Dondokambey Resmikan Monumen Patung Schwarz

Published

on

By

Minahasa, tubersmedia.com – Setelah melalui proses pemugaran yang memakan waktu beberapa bulan, monumen patung Misionaris Johann Gottlieb Schwarz dari tembaga akhirnya diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, peresmian ini pula dilangsungkan di depan gereja GMIM Sentrum Langowan, Senin (20/12/2021).

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey meresmikan Patung tembaga pertama di Sulut yang ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Saat proses peresmiannya, juga dilaksanakan ibadah yang dipimpin oleh ketua Sinode GMIM Pdt Hein Arina, yang juga memberikan apresiasi kepada pihak yang telah bertanggung jawab atas pengerjaan proyek tersebut.

Dondokambey mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, karena telah menjadi inisiator dan juga membiayai pembuatan patung ini.

“Puji Tuhan hari ini kita resmikan replika patung Schwarz ini, dan ini juga merupakan warisan bagi anak cucu kita untuk mereka bisa mengingat Injil masuk di tanah Minahasa. Saya berharap ini dapat menjadi berkat bagi kita semua terlebih khusus GMIM. Semoga Tuhan memberkati kita semua,” ujar Dondokambey.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemugaran Patung Schwarz Ferdinand Mewengkang yang juga selaku koordinator lapangan menyampaikan, pengerjaan proyek ini sebelumnya telah mendapatkan persetujuan dari pihak Pemerintah Sulut, Sinode GMIM, Pemerintah Kabupaten Minahasa, para penggagas awal berdirinya patung ini, dan warga Langowan.

“Patung ini dikerjakan oleh pematung asal Yogyakarta, Dunadi yang memakan waktu kurang lebih empat bulan. Tinggi keselurahan dari patung ini adalah dua belas meter, dan ditopang oleh enam pilar penyangga yang semakin memperkokoh berdirinya replika ini,” terangnya.

Sementara itu, turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara, Asiano Kawatu, Wali Kota Tomohon, Caroll Senduk, Wakil Wali kota Tomohon, Wenny Lumentut, Mayjen TNI (Purn) Glenny Kairupan yang mewakili Prabowo Subianto, Asisten I bidang Pemerintahan Kabupaten Minahasa, Riviva Maringka, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Minahasa, Wenny Talumewo, Kadis Pariwisata Kabupaten Minahasa, Teddy Sumual, dan Kadis Kesehatan Kabupaten Minahasa, dr. Maya Rambitan. (FMT)

Continue Reading

Berita Utama

Bunda PAUD Tomohon Hadiri Ibadah Menyambut Natal Sekolah HHK

Published

on

By

Tomohon, tubersmedia.com – Menyambut Natal 25 desember 2021  dan Tahun Baru 1 Januari 2022,
Yayasan Kasih Tomohon melalui Sekolah Happy Holy Kids Tomohon merayakan Ibadah Menyambut Natal bertajuk “Christmas Celebration Happy Holy Kids Tomohon” yang di laksanakan di Wale Tua’Na Tomohon, Jumat (17/12/21).

Ķ

Dalam rangkaian ibadah ini, turut di hadiri Ibu Walikota Tomohon, Bunda PAUD Tomohon, Ketua Yayasan Kasih Tomohon yaitu Ibu drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng,
Kepala dinas pendidikan daerah Kota Tomohon Ibu Juliana Dolvin Karwur, M.Kes, M.Si bersama Kabid Dolfie Wuwung, Ibu Syenni Watoelangkow, Kepala Sekolah Happy Holy Kids Tomohon Ibu Jenny O. Lameanda, S.PSi, seluruh Guru (Mr dan Mrs. Happy Holy Kids Tomohon) serta seluruh peserta didik mulai dari Playgroup & TK Happy Holy Kids Tomohon, orang tua/wali peserta didik.

Acara ini terlaksana sebagai bentuk ungkapan syukur menyambut hari natal dari keluarga besar Happy Holy Kids Tomohon.

Sementara itu, yang ikut hadir pada pelaksanaan Ibadah perayaan Pra Natal ini sudah mengikuti protokol kesehatan covid-19.

Di akhir acara tak lupa Ms. Jenny selaku kepala sekolah dalam sambutannya berterima kasih kepada Tuhan atas acara yg berlangsung baik, panitia dan semua yang bekerja sama sampai berakhir acara.
Kiranya Tuhan memberkati kita semua. (FMT)

Continue Reading

Advetorial

Walikota Tomohon Bersama Wawali Ikuti Rapat Forkopimda

Published

on

By

Tomohon – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. dan Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E. menghadiri Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Tomohon, dilaksanakan di Hotel Wise Tomohon.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dandim 1302 Minahasa Letkol. Inf. Herbert Andi Amino Sinaga, S.I.P, Kajari Tomohon Ibu Fien Ering, SH.MH,  Ketua Pengadilan Negeri Tondano Ibu Nova Laura Sasube, SH.MH, Ketua FKUB Tomohon Pdt. Mewakili Kapolres Tomohon Kasat Intelkam AKP. Slamet, Kepala Koordinator Wilayah BIN Tomohon, Letkol. Laut Ahmad Firdaus, Asisten Pemerintahan dan Kesra J. S. T. Pandeirot, S.Pd.M.M, Kepala Badan Kesbangpol Tomohon Ronni Lumowa, S.Sos., M.Si.

Ketua FKUB Menjelaskan tentang peran Forum Kerukunan Umat Beragama dan Mengenai Kerukunan di Kota Tomohon

Sementara itu, Kakorwil BIN Tomohon menambahlab
Kami akan mengumpulkan informasi seakurat mungkin dan update data di Kota Tomohon mengenai Vaksinasi Covid19

Walikota Tomohon menghimbau kepada masyarakat mengenai varian baru Covid19 yaitu Omicron dan terus mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai pemberlakukan PPKM level 3 dan meminta masukan dari Forkopimda

Sementara itu, Dandim 1302 Minahasa Sinaga berharap
Kepada masyarakat harus taat kepada aturan di masa pandemi ini terutama di masa pemberlakukan PPKM level 3 nanti di Hari Raya natal dan Tahun Baru.

Kasat Intelkam Polres Tomohon menambahkan, dimana jajaran Polres Tomohon dibawah pimpinan Kapolres Tomohon akan membahas mengenai pengamanan di Kota Tomohon dan akan berkoordinasi dan bekerjasama dengan pemerintah terkait mengenai keamanan dan ketertiban di Kota Tomohon

Kajari Tomohon pula menambahkan,
Untuk menjaga supaya tidak ada konflik yang akan terjadi di Hari Raya Natal dan Tahun Baru harus ada antisipasi dari FKUB dan Pemkot Tomohon.

Ketua PN Tondano menjelaskan,  perkara-perkara dari kota Tomohon di pengadilan sangat kurang dan kita harapkan akan terus berkurang.

Wakil Walikota Tomohon Lumentut menambahkan, untum menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru, Satgas Covid-19 diharapkan terus meningkatkan kewaspadaan. (Advetorial)

Continue Reading

Berita Utama

Walikota Tomohon Bersama Wawali Ikuti Rapat Forkopimda

Published

on

By

Tomohon – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. dan Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E. menghadiri Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Tomohon, dilaksanakan di Hotel Wise Tomohon.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dandim 1302 Minahasa Letkol. Inf. Herbert Andi Amino Sinaga, S.I.P, Kajari Tomohon Ibu Fien Ering, SH.MH,  Ketua Pengadilan Negeri Tondano Ibu Nova Laura Sasube, SH.MH, Ketua FKUB Tomohon Pdt. Mewakili Kapolres Tomohon Kasat Intelkam AKP. Slamet, Kepala Koordinator Wilayah BIN Tomohon, Letkol. Laut Ahmad Firdaus, Asisten Pemerintahan dan Kesra J. S. T. Pandeirot, S.Pd.M.M, Kepala Badan Kesbangpol Tomohon Ronni Lumowa, S.Sos., M.Si.

Ketua FKUB Menjelaskan tentang peran Forum Kerukunan Umat Beragama dan Mengenai Kerukunan di Kota Tomohon

Sementara itu, Kakorwil BIN Tomohon menambahlab
Kami akan mengumpulkan informasi seakurat mungkin dan update data di Kota Tomohon mengenai Vaksinasi Covid19

Walikota Tomohon menghimbau kepada masyarakat mengenai varian baru Covid19 yaitu Omicron dan terus mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai pemberlakukan PPKM level 3 dan meminta masukan dari Forkopimda

Sementara itu, Dandim 1302 Minahasa Sinaga berharap
Kepada masyarakat harus taat kepada aturan di masa pandemi ini terutama di masa pemberlakukan PPKM level 3 nanti di Hari Raya natal dan Tahun Baru.

Kasat Intelkam Polres Tomohon menambahkan, dimana jajaran Polres Tomohon dibawah pimpinan Kapolres Tomohon akan membahas mengenai pengamanan di Kota Tomohon dan akan berkoordinasi dan bekerjasama dengan pemerintah terkait mengenai keamanan dan ketertiban di Kota Tomohon

Kajari Tomohon pula menambahkan,
Untuk menjaga supaya tidak ada konflik yang akan terjadi di Hari Raya Natal dan Tahun Baru harus ada antisipasi dari FKUB dan Pemkot Tomohon.

Ketua PN Tondano menjelaskan,  perkara-perkara dari kota Tomohon di pengadilan sangat kurang dan kita harapkan akan terus berkurang.

Wakil Walikota Tomohon Lumentut menambahkan, untum menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru, Satgas Covid-19 diharapkan terus meningkatkan kewaspadaan. (Advetorial)

Continue Reading

Berita Utama

Wawali Tomohon Serahkan Insentif Bagi Lansia

Published

on

By

Tomohon – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. dan Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, S.E. Menyerahkan lnsentif Berupa Uang Tunai Bagi Masyarakat Lanjut Usia di Kota Tomohon.

Penyerahan insentif lansia ini adalah sebagai realisasi program Pemerintah Kota Tomohon.
Insentif lansia ini akan diterima setiap bulan dan jumlah lansia yang menerima adalah yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

Yang pertama penyaluran bantuan sosial dilaksanakan di Kelurahan Kakaskasen Dua Kecamatan Tomohon Utara dan selanjutnya dilaksanakan di Kelurahan Pinaras Kecamatan Tomohon Selatan

Di Kelurahan Pinaras Walikota Tomohon dan Wakil Walikota Tomohon bersama Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon Fien Ering, S.H., M.H. menyerahkan bantuan sosial uang bagi Oma Berta Wowor yang berusia 101 tahun yang juga orang tertua di Kota Tomohon

Selanjutnya Walikota Tomohon dan Wakil Walikota Tomohon menyerahkan secara simbolis jaminan kematian program Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara kepada dua ahli

Wawali mengatakan, sesuai amanat Undang-Undang nomor 13 tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia, para lanjut usia perlu mendapatkan perhatian dalam berbagai aspek  diantaranya pemenuhan kebutuhan hidup. sebagai bentuk kepedulian pemerintah kota tomohon bagi para lanjut usia maka pemerintah mengambil langkah yakni memberikan bantuan sosial berupa uang. Pemberian bantuan ini bertujuan agar kebutuhan dasar para lanjut usia dapat terpenuhi.

Lanjut Lumentut, dalam rangka mewujudkan visi pemerintah Kota Tomohon yakni “tomohon maju, berdaya saing dan sejahterah”. yakni: Tomohon maju yang dijabarkan melalui, maju dalam pembangunan sosial, serta tomohon sejahterah yang memiliki makna menjadikan masyarakat Kota Tomohon sejahterah serta mampu memenuhi kebutuhan dasarnya dimana salah satunya adalah para lanjut usia.

Sementara itu, penyaluran bantuan ini dilaksanakan di 44 kelurahan sesuai dengan jadwal yang telah diatur.
besaran bantuan yang akan diterima sebesar rp. 500.000 (lima ratus ribu rupiah) per jiwa per bulan. harapan kami kiranya bantuan ini dapat bermanfaat bagi para lanjut usia.

Wawali pula berharap, di saat kondisi yang diperhadapkan dengan pandemi covid-19, maka tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid-19 secara baik dan benar dan yang terutama marilah kita saling mendoakan agar kota tomohon yang kita cintai selalu aman dan sehat dalam lindungan Tuhan.

Untuk diketahui bahwa jumlah penerima bantuan sebanyak 1623 orang yang akan disalurkan kepada para Lansia di 44 Kelurahan sesuai kriteria yang ditetapkan.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Kepala Dinas Sosial Daerah Kota Tomohon Vonny Montolalu, S.Pd. Camat Tomohon Selatan, Camat Tomohon Utara, Lurah Pinaras, Lurah Kakaskasen Dua dan Para Lansia Penerima Bantuan Sosial. (Advetorial)

Continue Reading

Trending