Connect with us

Tomohon

Dekot-Pemkot Tomohon Bahas Ranpeda Pertanggungjawaban APBD 2020

Published

on

Tomohon, TUBERSMEDIA.Com- Pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Tahun anggaran 2020 dibahas. Realisasi serta capaian disampaikan langsung Wali Kota Tomohon Caroll JA Senduk SH bersama Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut SE pada rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon, bertempat di ruang sidang DPRD, Selasa (08/06).

Rapat Paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah, SE didampingi Wakil Ketua Drs. Johny Runtuwene, DEA & Erens Kereh, AMKL.

Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH dalam sambutannya mengatakan, dalam rancangan peraturan daerah ini disajikan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Tomohon tahun anggaran 2020 berupa laporan keuangan pemerintah daerah yang telah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara. Yang didalamnya memuat Laporan realisasi anggaran (LRA), Laporan perubahan saldo anggaran lebih (LPSAL), Neraca, Laporan operasional (LO), Laporan arus kas (Lak), Laporan perubahan ekuitas (LPE), dan Catatan atas laporan keuangan (CALK).

Terlampir pula laporan kinerja dan laporan keuangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)/perusahan daerah.
Selanjutnya mengenai laporan realisasi anggaran pada tahun 2020, secara umum adalah sebagai berikut :

Realisasi pendapatan tahun anggaran 2020 adalah sebesar Rp. 667.630.201.368,- ( enam ratus enam puluh tujuh milyar enam ratus tiga puluh juta dua ratus satu ribu tiga ratus enam puluh delapan rupiah ) atau sebesar 96.08 % dari anggaran yang ditetapkan yaitu sebesar Rp. 694.837.152.752,- ( enam ratus sembilan puluh empat milyar delapan ratus tiga puluh tujuh juta seratus lima puluh lima dua ribu tujuh ratus lima puluh dua rupiah ).
Pendapatan daerah tersebut berasal dari pendapatan asli daerah ( PAD ), pendapatan transfer dan lain-lain pendapatan yang sah.

PAD terealisasi sebesar 68.45% atau sebesar Rp. 37.076.155.678,- (tiga puluh tujuh milyar tujuh puluh enam juta seratus lima puluh lima ribu enam ratus tujuh puluh delapan rupiah).

Berikutnya, pendapatan transfer terealisasi 98.76% atau sebesar Rp. 624.627.661.473,- (enam ratus dua puluh empat milyar enam ratus dua puluh tujuh juta enam ratus enam puluh satu ribu empat ratus tujuh puluh tiga rupiah) dan
Lain-lain pendapatan yang sah terealisasi sebesar Rp.5.926.384.217,- (lima milyar sembilan ratus dua puluh enam juta tiga ratus delapan puluh empat ribu dua ratus tujuh belas rupiah).

Sedangkan disisi belanja, realisasi belanja dan transfer adalah sebesar Rp. 657.722.536.985,- (enam ratus lima puluh tujuh milyar tujuh ratus dua puluh dua juta lima ratus tiga puluh enam ribu sembilan ratus delapan puluh lima rupiah) yang secara persentase adalah sejumlah 94.25 % dari target yang ditetapkan yaitu Rp. 697.854.390.648,- (enam ratus sembilan puluh tujuh milyar delapan ratus lima puluh empat juta tiga ratus sembilan puluh ribu enam ratus empat puluh delapan rupiah ).

Adapun untuk komponen pembiayaan dapat kami sampaikan sebagai berikut, realisasi penerimaan pembiayaan sebesar Rp. 3.017.237.896,40,- (tiga milyar tujuh belas juta dua ratus tiga puluh tujuh ribu delapan ratus sembilan puluh enam rupiah, empat puluh sen), sedangkan untuk komponen pengeluaran pembiayaan tidak ada realisasi di karenakan tidak dianggarkannya komponen pengeluaran pembiayaan pada APBD tahun anggaran 2020. Sehingga dengan demikian tercatat pembiayaan netto sebesar Rp. 3.017.237.896,40,- (tiga milyar tujuh belas juta dua ratus tiga puluh tujuh ribu delapan ratus sembilan puluh enam rupiah, empat puluh sen) atau 100% (seratus persen) dari anggaran yang ada.

Selanjutnya sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) tahun 2020 adalah sebesar Rp. 12.924.902.279,40,- (dua belas milyar sembilan ratus dua puluh empat juta sembilan ratus dua ribu dua ratus tujuh puluh sembilan rupiah empat puluh sen). Jumlah tersebut merupakan selisih realisasi pendapatan dengan belanja, dengan memperhitungkan pembiayaan netto selama satu tahun anggaran.

“Saya menyampaikan apresiasi saya kepada seluruh jajaran pemerintah Kota Tomohon yang ada beserta pimpinan dan anggota DPRD Kota Tomohon, melalui sinergitas yang terjalin baik selama ini dan tentu juga melalui upaya kerja keras kita bersama sehingga pemerintah Kota Tomohon pada tahun ini kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2020,” terang Wal8 Kota.
Selanjutnya Wali Kota berharap agar prestasi yang telah dicapai dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

“Kita patut berbangga WTP yang kita raih saat ini adalah yang kedelapan kali secara berturut-turut. Harapan saya prestasi ini dapat terus kita pertahankan dan kita tingkatkan untuk Tomohon yang semakin maju dan hebat.
Kegiatan ini dihadiri Anggota DPRD Kota Tomohon, serta para Pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon. (I’M)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Utama

Ashley Rumajar Staf Khusus Walikota Tomohon Bidang Kepemudaan

Published

on

By

Ashley Rumajar saat dilantik sebagai Staf Khusus Walikota Tomohon

Tomohon, tubersmedia.com – Walikota Tomohon Caroll J.A Senduk, SH melantik 45 Orang yang menjadi Staf Khusus Pemerintahan Kota Tomohon, yang bertempat di Rumah Dinas Walikota, pada Selasa (19/10/21).

Salah satu Staf Khusus Walikota Bidang Kepemudaan yang baru dilantik Ashley Rumajar mengatakan, bahwa nantinya Ia bertekad akan membantu Pemerintahan Walikota Caroll Senduk dan Wakil Walikota Wenny Lumentut.

“Saya akan membantu program Pemerintah khususnya di bidang Kepemudaan,” ujar pentolan muda Ashley.

Sementara itu Ashley yang merupakan Alumni Lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pelita Harapan Jakarta dan juga anak dari mantan Walikota Tomohon Jefferson S.M Rumajar, SE berjanji akan memberikan manfaat yang baik bagi para pemuda di Tomohon, terutama peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Berikut Nama-nama Staf Khusus yang di lantik :

Continue Reading

Berita Utama

Walikota Senduk Hadiri Kegiatan Pembekalan Tentang Manajemen ASN

Published

on

By

Tomohon, tubersmedia.com – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH menghadiri Kegiatan Pembekalan tentang Manajemen ASN Berbasis Merit System dan Core Value ASN berAkhlak.

Kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, M.SIS., Ph.D., Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, S.E., Kepala Daerah Se- Sulawesi Utara dan Kepala Badan Kepegawaian Kota/Kabupaten Se- Sulawesi Utara

Pada Kegiatan yang dilaksanakan di ruang C. J. Rantung Kantor Gubernur Sulawesi Utara ini Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, M.SIS., Ph.D., yang juga Sekretaris Jenderal KORPRI memberikan materi berjudul ASN Unggul di Era Digital

Gubernur Sulawesi Utara dalam sambutannya mengatakan bahwa Merit System menjadi pilihan dalam upaya memanajemen Aparatur Sipil Negara sebagai upaya dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja serta dilaksanakan dengan adil dan wajar tanpa membedakan latar belakang yang dimiliki

Lahirnya Core Value ASN BerAKHLAK (Berorientasi pelayanan Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) oleh Bapak Presiden Joko Widodo harus dimiliki dan diresapi oleh seorang ASN. Keterkaitan ini menjadi hal penting bagi kita, ketika kualitas seorang ASN memiliki Core Value yang diharapkan dan ditambah Merit System Kepegawaian yang berjalan dengan baik tentu akan menghasilkan sebuah kesatuan organisasi yang kuat dan berkualitas, sehingga output yang dihasilkan dapat bermanfaat untuk semua orang. (FMT)

Continue Reading

Berita Utama

Walikota Senduk Jadi Irup Pada Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang

Published

on

By

Tonohon, tubersnedia.com – Walikota Tomohon Caroll J.A Senduk SH bertindak selaku Inspektur upacara pada Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2021 di Kota Tomohon yang digelar di halaman Kantor Pertanahan Kota Tomohon, Jumat (24/9/21).

Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang tahun ini bertemakan “percepatan pemulihan ekonomi melalui pelayanan tata ruang dan pertanahan yang profesional”

Sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang RI/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan A Djalil kesempatan itu dibacakan Walikota Tomohon saat amanat.
Dalam sambutan, dikatakan bahwa sejalan dengan semangat percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional, saat ini akan diluncurkan Sistem Pendaftaran Online aplikasi Loketku dan aplikasi permohonan informasi online, dengan adanya layanan ini maka masyarakat lebih yakin mengenai kelengkapan berkasnya sebelum datang ke kantor Pertanahan. Pelayanan pertanahan secara elektonik ini nantinya akan meningkatkan efisiensi waktu, biaya dan transparansi pelayanan.

Kaitan dengan percepatan PTSL, diajak kepada pemerintah daerah untuk menyukseskan program ini dengan membantu masyarakat yang kurang mampu melalui penyediaan anggaran Pra-PTSL serta membantu meringankan beban masyarakat dengan pengurangan atau bahkan penghapusan BPHTB, sehingga target tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia terdaftar.

Dalam sambutan, Menteri Agraria dan Tata Ruang mengprasiasi Gubernur, Bupati/Walikota didalamnya juga Camat, Kepala Desa atau Lurah yang selama ini telah bekerja keras bersama Jajaran Kementerian ATR/BPN dalam menyukseskan program yang ada.

“Selamat Hari Agraria dan Tata Ruang, semoga dengan momentum peringatan ini, kita wujudkan pelayanan yang terbaik bagi kepentingan Bangsa dan Negara tercinta serta apa yang kita lakukan dapat memberikan manfaat dan nilai tambah untuk banyak orang,” pungkas Senduk.

Disela – sela pelaksanaan upacara, Walikota Senduk didampingi Kepala Kantor Pertanahan Kota Tomohon Kristanto R Bulamei, SH menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada para pegawai penerima penghargaan sekaligus secara simbolis menyerahkan sertifikat PTSL Tahun Anggaran 2021 kepada perwakilan penerima.

Sementara, hadir sebagai peserta upacara jajaran pegawai Kantor Pertanahan Kota Tomohon, serta perwakilan Lurah bersama jajaran terkait. (Advetorial)

Continue Reading

Berita Utama

Walikota Hadiri Pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah

Published

on

By

Manado, tubersmedia.com – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH, menghadiri Kegiatan Pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara dan Launching Program Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir “Bohusami Bakobong” Bertempat di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara.

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE, Kepala OJK Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara Bapak Darwisman, Dirut Bank SulutGo Revino Pepah, Walikota/Bupati Se- Sulawesi Utara.

Walikota Tomohon bersama Kepala Daerah lainnya Se- Sulawesi Utara, dikukuhkan oleh Gubernur Sulawesi Utara sebagai Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara.

Pada kegiatan ini dilaksanakan juga Launching Program Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir “Bohusami Bakobong”

Gubernur Sulawesi Utara dalam sambutannya mengucapkan selamat bertugas dan selamat berkarya kepada Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara. TPAKD dituntut optimal dalam peran, tugas dan tanggung jawab mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perluasan akses keuangan daerah.

Program Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir “Bohusami Bakobong” dilaunching dan diperuntukkan bagi petani dan peternak dengan skema kredit mudah cepat dan murah. Kiranya program ini akan dapat kita jalankan untuk meningkatkan taraf hidup petani dan peternak terlebih mendukung pemulihan ekonomi daerah di Sulawesi Utara. (FMT)

Continue Reading

Berita Utama

Walikota Terima 2 Penghargaan Pada HUT Provinsi Sulut

Published

on

By

Tomohon, tubersmedia.com – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH. mengikuti Upacara dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke- 57 Provinsi Sulawesi Utara

Upacara ini dilaksanakan di Lapangan Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE. menjadi Inspektur Upacara dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke- 57 Provinsi Sulawesi Utara

Pada Upacara ini Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. menerima 2 penghargaan. Yang pertama Penghargaan BKN Award 2021 kepada Pemerintah Kota Tomohon Sebagai Peringkat I Pemerintah Kota Tipe C atas Capaian dalam Komitmen Pengawasan dan Pengendalian yang diserahkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia Dr. Ir. Bima Haria Wibisana. Yang kedua Penghargaan dari Gubernur Sulawesi Utara atas partisipasi dalam pelaksanaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada Pekerja Non ASN/THL, Aparat Desa/Aparat Lingkungan, dan Pekerja Rentan yang diserahkan oleh Gubernur Sulawesi Utara.

Selanjutnya Walikota Tomohon mengikuti Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke- 57 Provinsi Sulawesi Utara yang bertempat di kantor DPRD Provinsi Sulawesi Utara.

Gubernur Sulut dalam sambutannya mengatakan kita bersyukur atas anugerah Tuhan, ditengah pandemi yang belum usai, kita dapat memperingati 57 tahun usia provinsi sulut meskipun masih dalam keterbatasan, kesederhanaan dan atribut tambahan yang kita kenakan menutupi hidung dan mulut.

Tetapi kita tetap berpegang dan konsisten bahkan torehannya kini pertumbuhan ekonomi Sulut di Tri Wulan II Tahun 2021 mencapai 8,49 persen.
Berbagai upaya maupun terobosan kita lakukan untuk membuat perekonomian kita tidak lumpuh, mulai dari menggalakkan gerakan Manjo Ba Kobong, bersinergi membuka direct call dari Manado ke Narita Jepang, pengembangan UMKM dan pemanfaatan pinjaman PEN.Semua sektor pembangunan tetap berjalan dan tidak stagnan.

Apa yang kita lakukan sungguh sangat luar biasa. Sederet raihan, progres maupun capaian kerja menjadi buktinya.
Kita patut memberikan apresiasi
Kita mengenang jasa para pendahulu, mari kita renungi sikap dan tindakan dalam kita. Mari sama-sama kita lanjutkan perjuangan dan lanjutkan upaya pengendalian, kita lancarkan setiap kegiatan secara apik untuk Suut Maju dan Sejahtera sebagai Pintu Gerbang Indonesia di Kawasan Pasifik. Terima kasih atas jalinan sinergitas, kerja keras dan kebersamaan kita. Dirgahayu Provinsi Sulawesi Utara.

Hadir juga pada dua kegiatan ini Gubernur Sulawesi Utara, Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Forkopimda Sulawesi Utara, Walikota/Bupati Se- Sulawesi Utara, Ketua DPRD Kota/Kabupaten Se- Sulawesi Utara, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara bersama Jajaran Pemerintah Sulawesi Utara. (FMT)

Continue Reading

Trending