Connect with us

Berita Utama

Walikota dan Wawali Tomohon Ikuti Konsultasi Publik Perubahan RKPD Tahun 2021

Published

on

Tomohon – Konsultasi Publik Perubahan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tomohon Tahun 2021, diikuti
Diikuti oleh Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH dari Kediaman Walikota Kakaskasen dan Wakil Walikota Wenny Lumentut, SE dari Kediaman Wawali Kolongan.

Senduk mengatakan, hingga saat ini kita masih diperhadapkan dengan pandemi covid-19, yang menyebabkan dampak terhadap perekonomian baik di tingkat pusat maupun daerah. Hal ini menyebabkan adanya kebijakan refocusing dan realokasi anggaran untuk pencegahan dan percepatan penanganan covid-19 serta pemulihan kondisi sosial ekonomi masyarakat terdampak.

Kondisi ini berpengaruh terhadap pelaksanaan RKPD tahun berjalan yang menunjukkan perlunya penyesuaian terhadap perkembangan keadaan yang meliputi penyesuaian asumsi kerangka ekonomi dan pendanaan, termasuk perubahan indikator kinerja, target, lokasi, dan pagu kegiatan. Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka perlu dilakukan perubahan RKPD Kota Tomohon tahun 2021.

Perubahan RKPD Kota Tomohon 2021 ini merupakan penyesuaian awal terhadap dokumen perencanaan RPJMD Kota Tomohon tahun 2021-2026 yang merupakan penjabaran visi misi kami sebagai kepala daerah. Saya berharap rencana program dan kegiatan yang akan termuat dalam dokumen P-RKPD Kota Tomohon tahun 2021 nantinya harus bersinergi dengan tema, sasaran prioritas, rencana program dan aksi pembangunan yang disepakati, serta memperhatikan berbagai pokok-pokok pikiran dari stakeholder / pemangku kepentingan.

Perangkat daerah diharapkan dapat mengakomodir usulan yang ada secara efektif, cermat, dan terencana dengan baik.

Sementara itu, Wawali Lumentut menjelaskan, dimana pendekatan pembangunan bukan hanya bersifat top-down tetapi juga bersifat bottom-up yang artinya mengakomodir pendapat, saran dan masukan positif dari masyarakat dan berbagai pemangku kepentingan yang ada.

Lumentut berharap kepada para kepala perangkat daerah untuk saling berkoordinasi dan berdiskusi, serta dapat memilah kegiatan mana saja yang membutuhkan bantuan dan keterlibatan sektor atau dari perangkat daerah lain agar integrasi pembangunan dapat berjalan optimal. Pelaksanaan perencanaan pembangunan yang nantinya tertuang dalam P-RKPD Kota Tomohon tahun 2021 harus selaras dan sejalan dengan visi misi CSWL serta perencanaan dan target pencapaian pembangunan provinsi Sulawesi Utara dan Nasional. (Maya)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Utama

Rapat FKUB Bahas Pelaksanaan Pekan Kerukunan Internasional FKUB ke-VI

Published

on

By

Ni

Tomohon, tubersmedia.com – Sosialisasi Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Nasional FKUB ke-VI Tahun 2021, dan Rapat Koordinasi FKUB se-Provinsi Sulut, dilaksanakan di Terung Kabasaran Tomohon, kamis (9/9/21).

Kegiatan ini sebagai bagian dari persiapan kegiatan FKUB se-Provinsi Sulut kedepan yang nantinya akan dilaksanakan, termasuk persiapan Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Nasional FKUB ke-VI Tahun 2021 yang rencananya akan dilaksanakan bulan november tahun ini di Provinsi Sulut tepatnya di Kota Tomohon, dan rencananya akan dihadiri langsung Presiden Republik Indonesia sekaligus akan menetapkan Kota Tomohon sebagai Kota Toleran di Indonesia.

Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw mewakili Gubernur mengatakan Pemerintah pusat melalui Kementerian agama merespon baik akan Sulawesi Utara untuk menjadi tempat dilaksanakannya Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Nasional FKUB ke-VI Tahun 2021, karena Sulut telah dikenal dengan kerukunan antar umat beragamanya, sehingga diharapkan seluruh masyarakat Sulawesi Utara untuk terus menjaga kerukunan antar umat beragamanya.

“Kerukunan sangat mahal, Sulawesi utara jagonya kerukunan, juaranya kerukunan, dan FKUB sebagai motor penggerak kerukunan, marilah kedamaian, sukacita, kerukunan di Sulawesi utara terus disebar dimana-mana, sehingga ibarat bunga membawa harum Provinsi kita, membawa harum bangsa dan negar,” ungkap Kandouw.

Sementara, Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH didampingi Wakil Walikota Wenny Lumentut SE mengatakan satu kehormatan Kota Tomohon nantinya akan menjadi tuan rumah kegiatan Pekan Kerukunan Internasional dan Konferensi Nasional FKUB ke-VI Tahun 2021, dan bersamaan akan ditetapkan sebagai Kota Toleran di Indonesia.

Dijelaskannya, alasan Tomohon menjadi tempat kegiatan ini, dikarenakan kebersamaan antar umat beragama di Kota Tomohon termasuk baik bahkan menjadi percontohan bagi daerah lain, dan ini semua tidak lepas dari peran seluruh tokoh agama didalamnya juga seluruh masyarakat Kota Tomohon. (FMT)

Continue Reading

Berita Utama

Walikota Senduk Buka Kegiatan Rakorev PAD

Published

on

By

L

Tomohon, tubersmedia.com – Walikota Tomohon Caroll J.A Senduk SH membuka kegiatan rapat koordinasi dan evaluasi PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Tomohon tahun 2021 dirangkaikan dengan rekonsiliasi DBH (Dana Bagi Hasil) pajak Provinsi Sulawesi Utara Tahun Anggaran 2021 yang digelar di Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Tomohon, kamis (9/9/21).

Walikota Senduk menjelaskan PAD hakekatnya memiliki peran strategis bagi Pemerintahan Daerah dalam menjalankan roda pemerintahan, dikarenakan Pemerintah Daerah diberikan kewenangan oleh Pemerintah Pusat untuk mendanai pelaksanaan otonomi daerah sesuai dengan potensi daerah sebagai perwujudan desentralisasi.

Kaitan dengan capaian PAD Kota Tomohon tahun 2021, ada peningkatan dari tahun 2020. Hal ini tentunya patut kita syukuri bersama, meskipun ditengah masa sulit ketika kita masih diperhadapkan dengan pandemi covid-19 tapi capain PAD kita masih menunjukan trent positif.

Diharapkan capaian PAD Kota Tomohon dapat terus meningkat sehingga boleh berkontribusi dalam pembangunan daerah ini. (FMT)

Continue Reading

Berita Utama

Walikota Senduk Hadiri Kegiatan Pembekalan Tentang Manajemen ASN

Published

on

By

Tomohon, tubersmedia.com – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH menghadiri Kegiatan Pembekalan tentang Manajemen ASN Berbasis Merit System dan Core Value ASN berAkhlak.

Kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, M.SIS., Ph.D., Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, S.E., Kepala Daerah Se- Sulawesi Utara dan Kepala Badan Kepegawaian Kota/Kabupaten Se- Sulawesi Utara

Pada Kegiatan yang dilaksanakan di ruang C. J. Rantung Kantor Gubernur Sulawesi Utara ini Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, M.SIS., Ph.D., yang juga Sekretaris Jenderal KORPRI memberikan materi berjudul ASN Unggul di Era Digital

Gubernur Sulawesi Utara dalam sambutannya mengatakan bahwa Merit System menjadi pilihan dalam upaya memanajemen Aparatur Sipil Negara sebagai upaya dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja serta dilaksanakan dengan adil dan wajar tanpa membedakan latar belakang yang dimiliki

Lahirnya Core Value ASN BerAKHLAK (Berorientasi pelayanan Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) oleh Bapak Presiden Joko Widodo harus dimiliki dan diresapi oleh seorang ASN. Keterkaitan ini menjadi hal penting bagi kita, ketika kualitas seorang ASN memiliki Core Value yang diharapkan dan ditambah Merit System Kepegawaian yang berjalan dengan baik tentu akan menghasilkan sebuah kesatuan organisasi yang kuat dan berkualitas, sehingga output yang dihasilkan dapat bermanfaat untuk semua orang. (FMT)

Continue Reading

Berita Utama

Walikota Senduk Jadi Irup Pada Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang

Published

on

By

Tonohon, tubersnedia.com – Walikota Tomohon Caroll J.A Senduk SH bertindak selaku Inspektur upacara pada Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2021 di Kota Tomohon yang digelar di halaman Kantor Pertanahan Kota Tomohon, Jumat (24/9/21).

Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang tahun ini bertemakan “percepatan pemulihan ekonomi melalui pelayanan tata ruang dan pertanahan yang profesional”

Sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang RI/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan A Djalil kesempatan itu dibacakan Walikota Tomohon saat amanat.
Dalam sambutan, dikatakan bahwa sejalan dengan semangat percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional, saat ini akan diluncurkan Sistem Pendaftaran Online aplikasi Loketku dan aplikasi permohonan informasi online, dengan adanya layanan ini maka masyarakat lebih yakin mengenai kelengkapan berkasnya sebelum datang ke kantor Pertanahan. Pelayanan pertanahan secara elektonik ini nantinya akan meningkatkan efisiensi waktu, biaya dan transparansi pelayanan.

Kaitan dengan percepatan PTSL, diajak kepada pemerintah daerah untuk menyukseskan program ini dengan membantu masyarakat yang kurang mampu melalui penyediaan anggaran Pra-PTSL serta membantu meringankan beban masyarakat dengan pengurangan atau bahkan penghapusan BPHTB, sehingga target tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia terdaftar.

Dalam sambutan, Menteri Agraria dan Tata Ruang mengprasiasi Gubernur, Bupati/Walikota didalamnya juga Camat, Kepala Desa atau Lurah yang selama ini telah bekerja keras bersama Jajaran Kementerian ATR/BPN dalam menyukseskan program yang ada.

“Selamat Hari Agraria dan Tata Ruang, semoga dengan momentum peringatan ini, kita wujudkan pelayanan yang terbaik bagi kepentingan Bangsa dan Negara tercinta serta apa yang kita lakukan dapat memberikan manfaat dan nilai tambah untuk banyak orang,” pungkas Senduk.

Disela – sela pelaksanaan upacara, Walikota Senduk didampingi Kepala Kantor Pertanahan Kota Tomohon Kristanto R Bulamei, SH menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada para pegawai penerima penghargaan sekaligus secara simbolis menyerahkan sertifikat PTSL Tahun Anggaran 2021 kepada perwakilan penerima.

Sementara, hadir sebagai peserta upacara jajaran pegawai Kantor Pertanahan Kota Tomohon, serta perwakilan Lurah bersama jajaran terkait. (Advetorial)

Continue Reading

Berita Utama

Walikota Hadiri Pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah

Published

on

By

Manado, tubersmedia.com – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH, menghadiri Kegiatan Pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara dan Launching Program Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir “Bohusami Bakobong” Bertempat di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara.

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE, Kepala OJK Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara Bapak Darwisman, Dirut Bank SulutGo Revino Pepah, Walikota/Bupati Se- Sulawesi Utara.

Walikota Tomohon bersama Kepala Daerah lainnya Se- Sulawesi Utara, dikukuhkan oleh Gubernur Sulawesi Utara sebagai Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara.

Pada kegiatan ini dilaksanakan juga Launching Program Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir “Bohusami Bakobong”

Gubernur Sulawesi Utara dalam sambutannya mengucapkan selamat bertugas dan selamat berkarya kepada Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara. TPAKD dituntut optimal dalam peran, tugas dan tanggung jawab mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perluasan akses keuangan daerah.

Program Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir “Bohusami Bakobong” dilaunching dan diperuntukkan bagi petani dan peternak dengan skema kredit mudah cepat dan murah. Kiranya program ini akan dapat kita jalankan untuk meningkatkan taraf hidup petani dan peternak terlebih mendukung pemulihan ekonomi daerah di Sulawesi Utara. (FMT)

Continue Reading

Trending